Catatan Umroh bersama Bayi

Bismillah.. Tulisan ini dibuat karena beberapa teman bertanya tips-tips seputar umroh bersama bayi. Terlebih saat persiapan kemarin ketika googling belum banyak yang share, maka aku tulis sekalian aja di sini semoga bisa membantuu.

Tulisan aku bagi perpoint, jadi pembaca bisa langsung cuss lompat ke bagian yang dibutuhkan :)

  • Prakeberangkatan:
    • pemilihan travel dan program
    • persiapan conditioning bayi
    • packing
  • Keberangkatan:
    • flight
    • ketika di Madinah
    • ketika di Mekkah
  • Catatan refleksi umroh bersama bayi

oke de mari kita langsung saja~

PRA KEBERANGKATAN

Pemilihan Travel dan Program

Ketika memilih travel, terlepas bawa bayi atau engga, bagiku perlu bgt memilih travel yang bener-bener concern di pelayanan umrohnya. Pilihlah travel umroh yang bener-bener ngajarin tata cara umrah sesuai sunnah, karena syarat diterimanya amal selain ikhlas adalah ittiba' (sesuai dgn apa yang Rasulullah shallallahu 'alaihi was sallam ajarkan). Karena niat kita kesana adalah untuk melaksanakan ibadah umroh, yang umrohnya tok itu kan insyallah durasinya gak akan lebih dari 3 jam. Sayang sekali kalau niat utama kita untuk melaksanakan umroh terciderai karena kita melakukan amalan-amalan yang tertolak. Kemarin kami yakin dengan travel yang kami pilih adalah salah satunya karena setiap rombongan dipandu langsung oleh seorang ustaz. Pun ditambah, ketika sampai di sana ustaznya pun dibantu oleh seorang muthowwif.

Ohiya! catatan untuk yang berniat bawa baby, selain pilih travel yang dipercaya karena legalitas, track record, asatiz yang memandu, maupun nyaman di kantong buat harga 😋, bisa juga ngulik apakah travel yang dipilih pernah membawa bayik pada program sebelumnya? ini buat nenangin hati biar kebayang "oh, udah pengalaman bawa bayi nih". xixi

Ketika umroh kemarin, anak kami masih masuk kategori infant (anak dibawah 2 tahun). Beda travel beda kebijakan terkait biaya untuk infant. Ada yang mengenakan biaya 30% - 50% dari harga normal dan ada juga travel yang memukul rata harga tertentu. Anak kami kemarin kena flat harga tertentu karena kami juga ambil paket umroh plus Turki. Kalau di atas umur 2 tahun, kebanyakan pihak travel sudah memberikan harga normal (seperti biaya org dewasa), walaupun begitu tetap ada juga beberapa travel yang memotong harga memberi diskon tertentu.

Ketika berencana umroh bersama bayi, kulik detail program umroh yang ditawarkan oleh travel. Menurutku perlu juga untuk mencari tau jarak penginapan dengan masjid apakah masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau engga sebagai upaya kalau terjadi sesuatu yang butuh segera bolak-balik masjid-penginapan. Biasanya pas programnya diiklanin sama travel, udah mulai dikasi tau nginep dimana selama di Madinah dan Mekkah. Nah, kalau bersama bayi better pilih yang tidak terlalu jauh dari masjid karena kondisi bayi suka sulit ditebak. 

Program umroh dari Indo biasanya ada 2 pilihan destinasi kota pertama yang didatengin. Ada yang dateng ke Madinah dulu, dan ada yang menawarkan ke Mekkah dulu. Aku menyarankan kalau bawa bayi mending ambil program yang ke Madinah dulu. Selain biar bisa istirahat dan adaptasi dulu abis perjalanan jauh, kalau kedatangan dari Indo langsung ke Mekkah, otomatis kita ambil miqat di atas pesawat dan itu (menurutku) cukup merepotkan. Karena setelah masuk miqat dan kita berihram, otomatis larangan dan syariat ihram udh tegak. Salah satu contohnya kalo si bayi pup sedangkan kita udh ihram, berarti kita gabisa menyekanya dgn sabun karena di sabun biasanya ada parfum (sala satu larangan ihram gabole pake parfum). 


Persiapan conditioning bayi

Usia anak kami saat umroh adalah 14 bulan. Sudah bukan bayi boneka yang kerjaannya bobo, pup, nen, repeat. Sudah bisa jalan, maunya ngacirrr jalan melulu. Belum bisa bicara bikin kalimat lalalala, baru beberapa kata. Masih sangat tergantung dengan nen. Makan luar biasa menguji kesabaran. Mostly memilih bersama bunda dibanding ayah. Lebih nyaman digendong dibanding duduk di stroller. Menangis kalau ditinggal bundanya even cuman ke kamar mandi, walopun sebenernya dia easy baby yang mau digendong sama semua orang. Biasa tidur jam 19.30 - 05.30 WIB. Menolak dipakein aksesoris di badan selain baju. Kalo tidur maunya meluk bundanya. Nen to sleep.

Beberapa conditioning bayi yang aku lakuin adalah:

- Pengenalan Mekkah dan Madinah. Kalau kemarin aku coba kenalin lewat buku dan cerita. terus-teruss sering dipaparin terkait Mekkah dan Madinah. Masyallah Allahumma baarik, ngga akan pernah terlupa betapa excited-nya ia melihat Ka'bah seperti apa yang sering ia liat di bukunya :")

- Sebelum berangkat sering-sering coba apa yang pengen dipake/dilakuin di sana. kayak topi, kacamata, tali anti hilang. Tapi masalahnya emang dari newborn dia suka gak nyaman kalau dipakein topi, alhasil menolak terus. sama halnya sama kacamata, dia juga menolaak dibanting-banting. Topi dan kacamata berguna sekali karena di sana puanass. Apalagi pas di mekkah, pantulan marmer lantainya bikin silaww. kalau tali anti hilang sangat jelas lahya itu maksudnya biar apa :)) pernah pas di madinah karena gak aku pakein tali anti hilang, pas lagi shalat si bayik ngacirrr gatau kemana (ini jd pelajaran gabole sii. Dan alhamdulillah balik lagi ya Allah :"). Pernah juga dia ngacirr sambil dorong-dorong kursi roda orang... jauhh bangettt ngedorongnya sampe aku batalin shalat :(

- Melonggarkan waktu tidur. karena perbedaan waktunya di sana lebih lambat 4 jam, ini ngaruh banget ke aktivitas tidur dia. waktu tidur dia 19.30 it means jam 14.30 waktu di sana. Aku coba melonggarkan waktu tidurnya untuk diulur beberapa hari sebelum berangkat karena biar gak jetlag-jetlag amat dan biar aku bisa shalat maghrib/isya di masjid. Tapi yang terjadi adalah pas di sana si bayi dah uring-uringan ngantuk minta tidur since ashar menuju maghrib. Ini juga yang ku maksud sebaiknya hotel bisa ditempuh dengan jalan kaki. ketika shalat ashar di masjid dia berhasil tidur di stroller, tapi kalau udah masuk maghrib sudah sangat cranky dan maunya tidur di kasur, alhasil ku harus pulang sendiri ke hotel bersama bayik.

Packing

Bawa baju secukupnya, kegiatan di sana pun adalah menanti 1 waktu shalat ke shalat berikutnya gak yang bikin gombyos-gombyos amat. Banyak juga jasa laundry, rekan satu grup kami ada yang make jasa laundry express buat 6 kg baju kena biaya setengah juta 🙃. Kalau kami cuci mandiri di hotel bawa detergen dan gantungan travel trus jemur di kamar mandi wkwk. Gak sanggup juga kalo bawa baju sejumlah banyaknya hari karena bakal buanyak bawaannya. Apalagi pergi bersama bayi yang ganti baju dalam sehari bisa 3-5x. Mangkannya nyuci baju jadi harus wajib kudu bin mesti. Total perjalanan 16 hari, kami bertiga menggunakan 2 koper bagasi, 1 koper kabin, dan 1 ransel. Ohiya plastik vacuum buat naro baju sangat membantu!

Terkait packing pernak-pernik si bayi, karena baju dia cimit-cimit maka aku masukin ke tas travel bag gitu. Untuk makannya, aku berusaha jaga-jaga bawa abon dan snack tabur buat penambah makanan. Di sana sebenernya banyak yang jual sih, ada juga swalayan besar yang jual barang serba ada (kayak bindawood). Tapi kalau pampers aku bawa dari endonesyah karena takutnya gak cocok di kulit kalo beli di sana.


KEBERANGKATAN

Flight

pas check in minta bassinet. Kalau anaknya masi di bawah 2 tahun, pas check in coba minta bassinet biar gak gempor mangku 8-9 jam. Tapi sebelumnya coba koordinasi sama pihak travel biar bisa mereka bantu ke maskapaianya. Karena bisa jadi beda maskapai beda kebijakan. Kalau kemarin aku naik saudia airliness, bassinet bisa diminta pas check in. Cuma karena bassinet terbatas jadi bisa rebutan dengan bayi lainnya.

bikin capek sebelum flight. Kalo bawa toddler, bikin dia capek sebelum flight adalah kunci. (((Harapannya))) biar pas flight energi udh terkuras jadi dia anteng tinggal bobok aja. Nah jadi pas di bandara sebelum flight aku ajak keliling bandara. Alhasil dia masuk pesawat, nen, trus langsung tidur walopun itu cuman beberapa jam awalan aja :")

bawa mainan secukupnya, yang pas sesuai dengan minatnya saat itu. Bisa bawa mainan gacoannya atau kalau mau barangnya baru biar novelty dan rasa penasaran (a.k.a noraknya) ada, biar dimaininnya gak cepet bosen. Gaperlu banyak-banyak. Mainan biasanya dipake buat pas nunggu, di pesawat, atau pas nemenin ortunya itikaf/shalat di masjid. Bisa juga kulik cara bermain anak yg lagi dia minatinn banget saat itu. Kadang tuh bukan terletak pada mainannya apa, tapi "bagaimana" bermainnya yang lagi dia suka. Contoh anak lagi suka main tumpuk2, di pesawat bisa minta gelas ke pramugari buat ditumpuk2 etc.

bawa stroller cabin size yang pake tas. Terkait stroller usahain yang cabin size biar bisa masuk kabin gak perlu di bagasi. Ini sangat memudahkan bisa dipake dari depan bandara turun kendaraan sampe mau naik ke dalem pesawat. Usahain juga strollernya ada tas. Kemarin di grup ada 3 jamaah yg bawa bayi (termasuk aku). Yang satu strollernya walaupun cabin size gaboleh masuk kabin karena gapake tas. TAPI, ada juga pengalaman dari temen yg strollernya walaupun cabin size dan pake tas, tetep gak dibolehin masuk kabin jadi ditaro ke bagasi. kalau begini buat jaga2 bawa gendongan dan perlu kuatin kesabaran kalau worst casenya harus gendong secara manual :"

Tapi sebenernya ada stroller fasilitas bandara. Aku lupa di Jeddah ada atau engga. Tapi di Soetta ada. Cuma saat itu si bayi maunya di gendong jadi yasudahlaa :)

Ketika di Madinah

- Peraturan terkait anak-anak boleh masuk masjid Nabawi. Alhamdulillah peraturan terbaru anak-anak boleh masuk ke dalam masjid nabawi, baik di bagian ibu maupun bapaknya (aku umroh September 2023, in case ada yg baca ini beberapa bulan kedepan dan peraturan udh berubah lg). Peraturan sebelumnya kan anak-anak kalau mau masuk ke masjid cm di bagian jamaah laki-laki ya (yg mana berarti ikut ayahnya). Cuma kalau mau ikut shalat jamaah di dalem tetep perlu minimal sejam sebelum waktu shalat karena masjid pasti bakal fullll. 

- Stroller hanya boleh di pelataran. Di masjid nabawi, stroller gak boleh masuk masjid, hanya boleh di pelataran. Beda kalau di masjidil haram stroller boleh masuk masjid kecuali di area mataf yg deket ka'bah. Jadi kalau berniat mau shalat di dalam masjid Nabawi, pake gendongan aja karena di sana gak ada tempat khusus penitipan stroller. 

- Bayi gak boleh masuk Raudhah. Alhamdulillah Raudhah itu dibagi jadwal antara jamaah perempuan dan laki-laki. Biasanya jadwal perempuan lebih pagi dibanding laki-laki. Jadi ketika aku ke Radudhah, anakku quality time bersama ayahnya xixi.

Ketika di Mekkah

- Pelaksanaan umroh. Mostly travel dari Indonesia ngelaksanain umrohnya malem-malem. Kalau anaknya masih bayi, mungkin dia akan tidur. Cuma kalau anaknya udh agak besar mungkin bisa disiasatin gimana waktu istirahatnya sebelum umroh biar gak cranky. Aku kemarin start umroh jam 10 malem dan selesai sekitar jam setengah 1 pagi. Sebelum berangkat umroh dari hotel jangan lupa buat ganti popok biar gak ada najis terlebih yang babynya mau digendong sepanjang proses tawaf, buat ngilangin syubhat karena kondisi tawaf harus suci.

Saat pelaksanaan umroh, aku merekomendasikan mending make gendongan aja daripada stroller karena biar gak pisah dari rombongan dan biar keliling tawafnya gak jauh. Perbandingan tawaf di area mataf deket kabah vs tawaf di area stroller/kursi roda di lantai 2 tuh bisa kiloan meter (akumulasi dari 7 putaran).
Kalau memutuskan buat gendong baby selama pelaksanaan umroh, gendongannya perlu yg cozy. Kalau bisa pake SSC, jangan pake gendongan menyamping (ringsling, kain jarik, etc) yang titik bebannya cuman di satu pundak. Kemarin aku pakai ssc ergobaby dan ini berguna banget untuk gendong sambil menyusui.

Kalau memutuskan untuk pakai stroller, berarti masuk masjidil haram langsung ke lantai 2, gak bisa masuk ke area mataf dan gak bisa deket-deket Ka'bah. Bisa juga sih dititipin, tapi ini rawann bangetttt. Kemarin temen satu grup ku ada yang kehilangan stroller yang setelah dicari tau ternyata emang sengaja dicuri. Barang2 dia yg dia taro di stroller dibuang dan diganti sama barang-barang punya orang yg ngambil (aseliii gak abiss pikrii di tanah haram ada juga beginian??). Untung stroller punya dia dibordir ada tandanya.

Kalau anaknya sudah bisa jalan dan udh punya willingness buat ikut rangkaian umroh jalan kaki mandiri, better pakai tali anti hilang dan jaga-jaga tetep bawa gendongan kalo dia kecapekan 🤣

- Makanan. Makanan selama di Madinah dan Mekkah kalau ikut dari travel indo disediain makanan indo. Kayak sayur2 indo, ayam-daging olahan indo, nasi, kerupuk, dll. Cuma ya bisa jadi terhidang pedes yang tentu gak bisa anakku makan. Alhasil aku cuci ayam dan dagingnya make air minum karena mager beli keluar wkwk. Dan ditambah dengan abon maupun snack padat nutrisi lainnyaa.

Ofkorss karena lagi pergi maka proses makan tidak seideal di rumah. Kadang ketika waktu makan si anak belum nafsu makan (apalagi perubahan waktu di sana vs indo) atau jadi luamaaa banget kayak siput sedangkan kita segrup dengan orang lain yg mana sudah ada agenda selanjutnya. Tispnya adalah jadilah ibu pembungkus 🙃 Bawa tempat makan travel (yang bisa dilipet atau dikempesin ituloh) atau plastik kiloan (tp jadi nyampah bgt si huhu) karena ini berguna bangett (plus karet mungkin bawa beberapa), makanan dari hotel juga bisa dijadiin cemilan buat di kamar atau ketika mau jalan-jalan.

Ohiya tempat makan juga bs berguna bgt buat bungkus makanan kalau ada yg ngasih tapi kita belum mau makan saat itu. Waktu di mekkah anakku sempet nangis dan ada ibu2 yang nyoba menghibur dia dan ngasih kue tradisional ala negaranya (kayaknya dr pakistan??) dan dikasinya buanyakkk... sedangkan saat itu aku lagi ga bawa tempat makan :( alhasil aku yang menghabiskan dgn terpaksa (walaupun kurang pas di lidahku) karna anakku pun sepertinya tida menikmatinya hanya makan sedikit 🥲🥲🥲

- Jaga imun bayi. Terutama sama flu. Pas di mekkah banyak bgt ketemu jamaah yang flu. Dan udah jadi rahasia umum biasanya orang yang pulang umroh kadang suka flu. Buat jaga2 kalau bisa bawa vitamin terlebih buat baby dengan harapan imunnya terjaga 😉 kalau anaknya betah pakai masker mungkin bisa disiapkan juga. Banyak-banyak minum zam-zam, bawa botol minum yang oke buat bawa air zam-zam dari masjid ke hotel.

Catatan refleksi umroh bersama bayi

Sampai tulisan ini diketik aku masih suka ngerasa kurangggg ibadah kemarin dan aku pengen balik lagi 😭 terlebih ketika bawa bayi ada banyak momen yang kita gakbisa jorjoran banyak² berdiam diri di masjid harus menetap di hotel karena mempertimbangkan kondisi kesehatan dia dan semisalnya.

Ada satu hari dimana anakku qodarullah demam.. dan di hari itu aku sama sekali gak shalat ke masjidil haram. Ketika itu aku sedihh banget, ngurus anakku di hotel sambil nontonin tv masjidil haram ngeliatin orang tawaf. "Ya Allah ini jarakku sama masjidil haram cuman sekian langkah tapi aku gabisa shalat di sanaaa 😭" sedi bgt pokoknya saat itu. Tapi alhamdulillah gak lama keinget juga bahwa ibadah adalah segala hal yang dicintai Allah baik itu perkataan maupun perbuatan. Saat itu amalan prioritas yg sedang Allah pilihkan untukku adalah merawat anak di hotel, bukan shalat di masjidil haram.. yang semoga dengannya Allah ridho. Karena puncak dari segala ibadah adalah mencari keridhoanNya kan?

Pun untuk mengakali agar aku tetep dapet pahala orang shalat di masjidil haram yg lebih utama 100rb kali lipatt besar dibanding masjid lainnya, maka aku siapkan seluruh persiapan untuk ibadah suamiku agar aku kecipratan :")

Segala tantangan yang kita alami ketika umroh membawa anak akan terasa worth ittt, inshallah. Betapa rezeki yang sangat besar Allah izinkan kita membawa anak ke tanah suci yang tiap jengkalnya adalah saksi jejak para Nabi.

______________

Ada seorang wanita mengangkat putranya yang masih kecil, memperlihatkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu wanita itu bertanya, “Ya Rasulullah, apakah hajinya anak ini sah?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Iya, dan anda mendapatkan pahala. (membantu hajinya anak ini, pent.)” (HR. Muslim)

Sumber: https://muslim.or.id/83525-hukum-umrah-atau-haji-anak-kecil.html
Copyright © 2024 muslim.or.id

______________

Tambahan.

Beberapa hari yang lalu seorang sahabat meminta wejangan sebelum berangkat. Ku tulis pesan di bawah ini yang sebenarnya adalah tulisan untuk diriku sendiri:

lurusin niat kalau kesana mau ibadah.. amal yg kecil bisa jadi besar kalau niatnya benar nyari ridho Allah. Dan jg sebaliknya, amalan besar bisa jadi kecil nilainya di mata Allah karena disisipi hal lain selain Allah.

Ibadah umroh itu gak lebih dari 3 jam. Selebihnya adalah safar.. dan safar adalah salah satu azab dr Allah.

Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,
السَّفَرُ قِطْعَةٌ مِنَ الْعَذَابِ ، يَمْنَعُ أَحَدَكُمْ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَنَوْمَهُ ، فَإِذَا قَضَى نَهْمَتَهُ فَلْيُعَجِّلْ إِلَى أَهْلِهِ

“Safar adalah bagian dari adzab (siksa). Ketika safar salah seorang dari kalian akan sulit makan, minum dan tidur. Jika urusannya telah selesai, bersegeralah kembali kepada keluarganya.” (HR. Bukhari no. 1804 dan Muslim no. 1927).

Bisa jadi mungkin dpt ujian dari fasilitas atau travel umrohnya yg gimana², atau ujian lainnya. tapi inget² lagi kalau kesana niatnya adalah ibadah, ibadah umroh, jadi banyak² sabar dan berlapang dada kalau dpt ujian.. juga banyak² bersyukur karena gak semua orang yg mampu Allah izinin untuk menginjakan kaki ke tanah haram untuk ngelakuin ibadah umroh.

Pun karena ibadah umroh tu kurang lebi gak sampe 3 jam, jadi bener² dipelajari, kalau bisa dimaknai.. bener² khusyu dan tau² sunnahnya serta dalilnya. Walaupun nanti akan dipandu muthowif, tapi kalau kita udh hafal bgt sampe pemaknaannya ke hati, pasti jadi beda bgt feelnya.

- bayangin setiap inci, setiap senti, setiap hal yang ada di sana adalah saksi bisu perjuangan orang² terdahulu. Tanah para nabi. Tanah yang Allah ceritakan dlm Quran. Tanah yg akan kamu pijak adalah juga tanah yg dipijak oleh para nabi sejak nabi Adam (karena nabi adam yg bangun kabah, nabi ibrahim hanya melanjutkan). Baca² lagi sirah.. nanti jadi ngefeel banget kalau dijelasin sama muthowifnya. Kayak plekkk dihadapkan di depan mata (kyk kisahnyaa jabal nur, jabal rahmah, padang arafah, mina, dll) Bener² safar buat ningkatin keimanan.

- karena tanah haram adalah tanah yg istimewa, cari tau keistimewaan tanah² haram apa aja. Karena semua kebaikan dilipatgandaain, banyak² beramal kebaikan. Banyak² sedekah, banyak² zikir, dll



Azka Nada Fatharani

Hanya seorang makhluk mikroskopis yang sedang berkelana mencari makna, mengumpulkan bekal di bumi-Nya. Tulisan di sini adalah ruang katarsis media pengingat untuk penulis pribadi sebenarnya.

No comments:

Post a Comment